Selasa, 27 Maret 2012

Keluarga Yang Diberkati

Unit dasar seluruh masyarakat adalah KELUARGA. Dick Iverson mengatakan, "Sebagaimana atom adalah bahan dasar terkecil pembentuk alam semesta, demikian juga PERANAN keluaraga dalam masyarakat. IA adalah batu penjuru atas mana segala sesuatu dibangun. Sekali masyarakat membiarkan keluarga berantakan, maka masyarakat itu sendiri akan runtuh".

Apa itu KELUARGA?
Ada berbagai definisi kamus mengenai keluarga diantaranya,  keluarga adalah sekelompok orang yang tinggal dibawah satu atap yang mana didalamnya  terdapar ayah, ibu dan anak-anak serta orang lain yang tinggal didalamnya. Ada juga definisi yang mengatakan keluarga adalah sekelompok orang yang sama asal-usul keturunannya. Ada lagi yang bilang keluarga adalah orang-orang yang punya garis darah yang sama. 

Kata "therapeia" yang digunakan oleh Alkitab Perjanjian Baru digunakan untuk mendefinisikan pengertian tentang keluarga atau rumah tangga. Bentuk kata kerja ini sendiri mengandung arti "melayani", memelihara" dan "memberi perhatian". Jadi dapat dikatakan bahwa keluarga adalah suatu tempat dimana melayani, memelihara dan memberi perhatian itu diabdikan sebagai suatu tujuan berkeluarga.

Mengapa terjadi banyak PERCERAIAN?
Begitu mudanya kata cerai keluar dari mulut-mulut pasangan yang berkonflik memberitahukan kepada kita bahwa banyaknya pasangan-pasangan yang membentuk keluarga dengan tidak mengerti tujuan berkeluarga itu sebenarnya. Sesusngguhnya yang paling dirusak masa depannya bukanlah suami dan istri melainkan anak-anak yang ada dalam keluarga itu ketika terjadi perceraian. 

Egoisme juga menunjukkan ketidakmatangan seseorang saat memasuki rumah tangga sehingga keadaan saling menyalahkan yang menumbuhkan kebencian kemudian mulai terjadi dan berujung perceraian.

Perbedaan keyakinan ketika membentuk sebuah keluarga juga sangat berpotensi terjadinya perceraian dalam keluarga. Itu sebabnya Firman Tuhan" terang dan gelap tidak dapat bersatu". Keika emosi cinta masih menggelora rasanya perbedaan keyakinan itu bukan masalah. Namun ketika memasuki gerbang rumah tangga maka nampaklah bahwa perbedaan keyakinan mulai menjadi masalah. 

Pasangan-pasangan ELIT (ekonomi sulit juga sangat berpotensi terhadapa terjadinya sebuah perceraian. Kekuarangan uang, tidak terpenuhinya kebutuhan jasmani, tidak memiliki pekerjaan dan banyak hutang menjadi salah satu penyebab mengapa ada istri yang meninggalkan suami atau sebaliknya.

Walaupun tidak banyak yang melakukannya namun masalah kesehatan atau sakit penyakit terntu dapat menyebabkan terjadinya perceraian dalam keluarga. 

Jadi kesimpulannya adalah, jika sebuah keluarga dibangun dengan tujuan dan pengertian yang benar maka apapun yang kemudian menjadi kesulitan dapat dihadapi bersama dengan kekuatan dan keyakinan serta usaha bersama. (Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar