Kamis, 29 Maret 2012

Dunia Anak


Mengenal Anak Anda.....
Usia Pratama (7 – 9 th)

 Oleh : Noortje ML

Dunia anak adalah dunia sejuta warna.  Ia adalah harta yang paling mahal yang Tuhan berikan bagi sebuah keluarga, ia sungguh berharga sehingga kita para orang tua/guru wajib mememlihara dan pantang menyia-nyiakannya.
Ciri – ciri Anak Pratama :
Secara sederhana, anak Pratama yang duduk di kelas satu, dua dan tiga Sekolah Dasar ini adalah anak yang giat dan bersemangat. Senang sekali bertanya dan sering merepotkan orang tua / guru dengan rasa ingin tahu yang begitu besar misalnya, “Bagaimana adik bisa masuk ke perut mama”, atau “mengapa jari kita jumlahnya hanya lima”? dst. Dia belajar dengan cara melihat, mendengarkan cerita ,menirukan, dan melakukan.

Secara Jasmani, Ia sanggup membuat anda repot atau bahkan kelelahan. Anda harus bersyukur bahwa itu berarti anak anda sehat dan memiliki pertumbuhan yang sangat normal. Ia sangat bersemangat, suka bergerak, tidak pernah lelah, dan memiliki tingkat kegiatan yang sangat tinggi. Ia suka melompat, berbicara/menyanyi dengan suara keras. Jika anda seorang guru, anda harus menyediakan banyak kegiatan dalam kelas karena ia perlu sering bergerak...
Secara Mental, ia suka belajar, suka bertanya, haus akan pengetahuan. Dia sudah mulai membaca dan menemukan banyak hal baru. Anda sebagai orang tua dan guru di tuntut untuk kreatif dan maju dalam segala bidang. Anda juga perlu mencoba banyak hal baru untuk menjawab setiap pertanyaan mereka.
Secara Sosial, Suatu hubungan yang lebih luas sedang dimulaikan. Ia membutuhkan banyak kesabaran dari orang tua/guru untuk membantunya mengembangkan sikap kesopanan, bekerja sama dan menghormati orang-orang disekitarnya. Ia juga harus dibimbing untuk menghargai orang-orang lain dan teman-teman barunya.
Secara Rohani, ini adalah suatu bagian perkembangan yang harus kita berikan perhatian sebesar-besarnya. Ia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah. Walaupun ia belum bisa mengerti tentang Tuhan seperti orang-orang dewasa lainnya, namun ia dapat diajar untuk berdoa, untuk menyebutkan ayat-ayat suci. Ia tertarik akan kisah tentang adanya malaikat, Tuhan atau bahkan hantu dan jin. Kewajiban kita adalah mengajarkan keyakinan Iman yang benar. Ia sudah dapat mengerti mengenai pentingnya beribadah kepada Tuhan.

Mengenal anak anda akan membantu anda untuk menjadi orang tua dan guru yang berhasil di dalam mendidik, dan menjadikan mereka generasi yang berguna dan memiliki masa depan yang gemilang.

Sukses buat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar